Ditulis pada 19 Desember 2017 , oleh mesin , pada kategori berita

Dalam rangkaian acara Dies natalis UB ke 55 di lingkungan  kampus UB, pada hari Kamis dan Jumat tanggal 7 dan 8 Desember 2017, mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT UB dibawah koordinasi HMM mengadakan acara Ganti Ganti Oli dan Engine Tune Up untuk 1600 sepeda motor. Untuk hari pertama disediakan 800 kemasan oli Enduro Fastron dan Enduro Matic sedangkan untuk hari kedua juga disediakan oli mesin dengan tipe dan Jumlah yang sama. Untuk acara ini bertindak sebagai dosen pembina adalah Ir. Ari Wahyudi, MT dan Agung Sugeng Widodo, ST., MT., PhD.

Acara yang disponsori oleh PT Pertamina Lubricants selaku produsen dari Enduro Fastron dan Enduro Matic ini selain dari bentuk partisipasi PT Pertamina Lubricants dalam Acara Dies Natalis UB ke 55 juga untuk lebih memperkenalkan produk minyak pelumas sintetis tersebut ke masyarakat.

Produk-produk dari PT Pertamina Lubricants tersebut terbukti mempunyai kualitas yang melebihi kualifikasi di kelasnya. Beberapa parameter yang digunakan untuk kualifikasi tersebut misalnya tingkat kompresi yang maksimal karena perlindungan pelumas terhadap gesekan komponen di ruang bakar mesin kendaraan, ketahanan terhadap oksidasi, kemampuan mencegah deposit, serta perpindahan transmisi yang lancar.

Enduro Matic G SAE 20W-40 diperuntukkan bagi pelumas sepeda motor empat langkah yang dioptimasi untuk sepeda motor yang beroperasi di dalam kota dengan kondisi lalu lintas padat dan sering macet. Karenanya pelumas ini mempunyai viskositas yang lebih tinggi untuk menjaga suhu mesin kendaraan bermotor. Pelumas ini mengantongi kualifikasi standar JASO MB, yaitu standar Jepang untuk pelumas sepeda motor otomatik empat langkah. Disamping itu, pelumas ini juga memenuhi kualifikasi API SL. Sedangkan Enduro Fastron SAE OW-50 memenuhi kategori mutu API service kategori SM yang merupakan kategori tertinggi untuk minyak pelumas sekarang ini.

Keberhasilan Petamina Lubricant dalam memproduksi minyak pelumas berkinerja tinggi tersbut tidak terlepas dari usaha yang dilakukan oleh Pertamina sejak tahun 1960-an. Pada tahun 2013 dibentuklah PErtamina Lubricants untuk lebih memperkuat pasar di bidang minyak pelumas otomotif. Dengan bahan baku dari kilang Cilacap dan Dumai yang kemudian di blending di Kilang Jakarta, Cilacap dan Gresik perusahaan in mencanangkan diri untuk menjadi 15 perusahaan terkemuka di dunia untuk minyak pelumas.