Ditulis pada tanggal 29 November 2016, oleh s3mesin, pada kategori Uncategorized


Rabu (16/Nov/2016); Program doktor minat konversi energi jurusan teknik Mesin Universitas Brawijaya kembali berkontribusi mencetak ilmuwan unggul untuk Indonesia, Dr. Tineke Saroinsong, SST., M.Eng. Lulus dengan predikat sangat memuaskan, doktor baru ini mengangkat Judul “Studi Aliran Fluida Pada Kinerja Turbin Ulir Archimedes Tiga Sudu”.

Dalam disertasinya Dr. Tineke menangkap fenomena krisis energi dan solusinya dalam bentuk energi alternatif. Menurut data yang dikumpulkannya sampai saat ini masih banyak daerah- daerah terpencil yang belum terjangkau aliran listrik dari PLN. Mikrohidro menjadi salah satu solusi yang ditawarkan oleh pemerintah.

Melihat fenomena ini, Dosen Politeknik Negeri Manado ini meneliti optimasi Turbin ulir archimedes sebagai pembangkit listrik Mikrohidro head rendah. Nilai novelty yang diangkat adalah fenomena aliran terbuka di antara sudu ulir dengan konsep bilangan froude berkaitan dengan kinerja turbin ini.

Sebagai model penelitian, Ibu satu anak ini membuat model turbin ulir skala laboratorium dari material acrylic. Variabel yang ditentukan mencakup panjang karakteristik, bilangan froude, kecepatan aliran masuk, dan kemiringan poros turbin.

Penelitian Dr. Saroinsong membuktikan keterkaitan antara seluruh variable. Vortex yang terbentuk karena aliran fluida diantara sudu-sudu ulir mempengaruhi efisiensi, Untuk itu sudut kemiringan turbin harus diperkecil untuk mengurangi munculnya vortex. Ditemukan Efisiensi tertinggi yaitu sebesar 89% terjadi pada kemiringan poros 25 derajat dan kecepatan aliran 0,5m/s dengan panjang karakteristik 1R0  dengan bilangan Froude 0,15.

Sukses mempertahankan disertasinya, Tineke, berterimakasih pada keluarga yang selalu mendukungnya. Para promotor dan penguji tidak kelewatan menerima ucapan terimakasih. Bertindak sebagai pembimbing utama; Prof. Dr. Ir. Rudy soenoko, M.Eng.Sc, Dr. Slamet Wahyudi,ST., MT, dan Dr.Eng. Mega N. Sasongko, ST., MT. Sedangkan dibarisan penguji; Prof. Dr. Ir Pratikto MMT, Dr.Eng. Nurkholis Hamidi, ST., M.Eng, dan Prof. Dr.Ir. Djoko Kustono, M.Pd.

Acara yudisium ditutup dengan lagu kebangsaan “Bagimu Negeri”. Segenap peserta sidang terbuka disertasipun lalu memberi ucapan selamat pada doktor baru Jurusan Teknik Mesin ini. (emis)