Rekruitmen mahasiswa baru PDITM dilaksanakan setiap tahun sebelum dimulai tahun ajaran baru, dimana pendaftaran mahasiswa baru biasanya dimulai dalam bulan Februari sampai Juli secara online melalui website https://selma.ub.ac.id. Proses rekruitmen dilakukan secara bersama dengan semua program studi S3 yang ada di FTUB, dan dilaksanakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru FTUB yang dibentuk dengan SK Dekan FT.
Tujuan dari sistem penerimaan mahasiswa baru PDITM adalah untuk mendapatkan mahasiswa yang mempunyai latar belakang pendidikan yang sesuai, mempunyai kemampuan akademik tinggi, dan mempunyai semangat serta karakter kuat untuk menjadi seorang ilmuwan/ doktor yang mampu mengembangkan iptek melalui kegiatan penelitian. Dengan demikian mahasiswa dapat menjadi bagian penting dalam mencapai visi, misi, dan tujuan PDITM, dan sesudah lulus menjadi seorang Doktor yang kompeten dan produktif.
Persyaratan calon mahasiswa baru PDITM terdiri dari dua jenis kualifikasi, yaitu:

  1. Persyaratan akademik dan administrasi.
  2. Kualifikasi personal dan kesiapan sebagai calon Doktor.

Persyaratan akademik dan administrasi terdiri dari tiga hal.

  1. Persyaratan latar belakang pendidikan akademik
  2. Persyaratan administrasi
  3. Kapasitas daya tampung program studi

Sesuai dengan Kepmendikbud 212/U/1999, calon mahasiswa yang dapat diterima pada program doktor adalah lulusan program magister yang sebidang atau tidak sebidang dengan bidang ilmu program doktornya, dan lulusan program Sarjana S1 yang sebidang atau tidak sebidang. Karena itu PDITM membuka pendaftaran mahasiswa baru kepada calon mahasiswa sebagai berikut.

  1. Lulusan program magister bidang Teknik Mesin
  2. Lulusan program magister S2 teknologi tidak sebidang seperti: Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Fisika,Teknik Informatika, Teknik Perkapalan, Teknologi Pertanian, dan lain-lain
  3. Lulusan program sarjana S1 bidang Teknik Mesin (Program Fast Track)

Khusus untuk calon mahasiswa program pendidikan doktor harus memiliki ijazah Magister Teknik yang sebidang atau tidak atau Sarjana Teknik yang sebidang dengan program studi yang dipilih di Program Doktor Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) ≥ 3.50 (pada skala 0-4); atau memiliki IPK = 3.00 -< 3.50 dengan menyertakan paling sedikit empat karya ilmiah (jurnal, buku, proseding atau yang sejenis) serta rekomendasi dari orang yang kepakarannya telah dikenal. Calon mahasiswa program pendidikan doktor diwajibkan membuat rencana draft penelitian disertasi yang akan diambil saat menempuh program pendidikan doktor. Persyaratan akademik lainnya adalah calon mahasiswa harus mempunyai sertifikat TPA yang diselenggarakan BAPPENAS dengan skor minimum 400, dan mempunyai skor hasil tes TOEFL minimum 500 /IB TOEFL minimal 60/ IELTS minimal 5,5.
Persyaratan administrasi lain yang harus dipenuhi pada waktu pendaftaran diantaranya surat permohonan, copy ijazah, transkrip akademik, rekomendasi dari pembimbing sebelumnya, surat izin atasan bagi yang telah bekerja, surat keterangan dokter, pasfoto, biaya pendaftaran dan lain-lain. Semua persyaratan tersebut dicantumkan pada brosur pendaftaran mahasiswa baru PDITM.
Khusus untuk mahasiswa dari mancanegara harus memiliki ijazah dan jumlah kredit yang setara dengan S2 serta memiliki sertifikat Bahasa Inggris setara TOEFL dengan nilai minimal 500/IB TOEFL minimal 60 / IELTS minimal 5.5.
Program pendidikan doktor Jalur Khusus (fast track) adalah program pendidikan strata 3 (S3) yang ditujukan untuk memperoleh gelar akademik tertinggi bagi mahasiswa peserta Program Sarjana S1atau Magister S2 dengan potensi kecerdasan dan prestasi akademik yang istimewa atau luar biasa.

Persyaratan bagi pendaftar yang berasal dari Program Sarjana adalah sebagai berikut:

  1. Lulus dari perguruan tinggi dan program studi terakreditasi BAN dengan peringkat A.
  2. Berasal dari program studi / bidang keilmuan yang sebidang.
  3. Calon harus lulus dengan predikat cumlaude dengan lama studi tidak lebih dari 4 (empat) tahun dan 3 (tiga) bulan, atau berpredikat sangat memuaskan dengan IPK >3.75 dengan lama studi tidak lebih dari 5 (lima) tahun dan telah mempunyai 1 (satu) publikasi pada jurnal ilmiah internasional dalam bidang ilmu yang sesuai.
  4. Wajib menempuh program pendidikan pengayaan/pemantapan sekurang-kurangnya selama 1 (satu) semester dan lulus dengan IPK >3.75

Persyaratan bagi pendaftar yang berasal dari Program pendidikan magister adalah sebagai berikut:

  1. Telah menyelesaikan semua matakuliah (teori), tanpa tesis, sesuai dengan ketentuan dalam waktu tidak lebih dari 1(satu) tahun dengan IPK >3.75.
  2. Pada saat lulus Program Sarjana sekurang-kurangnya berpredikat sangat memuaskan dengan IPK >3.50 dan masa studi tidak lebih dari 5 (lima) tahun.
  3. Memiliki sertifikat yang masih berlaku untuk hasil Tes Potensi Akademik (TPA) dari lembaga yang berwenang dengan skor >500 dan kemampuan berbahasa Inggris dengan skor Internet Based Tes (IBT) TOEFL >73
  4. Memenuhi persyaratan administrasi lainnya yang ditetapkan Program Pendidikan Doktor Fakultas Teknik UB.

Kualifikasi personal dan kesiapan sebagai calon Doktor.
Beberapa kualifikasi yang dibutuhkan bagi seorang mahasiswa program doktor diantaranya adalah:

  1. Mempunyai kecerdasan, sikap intelektual dan kreativitas yang baik.
  2. Mempunyai rasa ingin tahu (curiosity) yang besar untuk menemukan hal baru dan inovatif dalam pengembangan iptek.
  3. Mempunyai karakter ulet, pantang menyerah dan sabar dalam memecahkan masalah dan mencapai tujuan.
  4. Kesiapan untuk menempuh pendidikan doktor, diantaranya kesiapan dalam bekal dan latar belakang ilmu, waktu, biaya dan kesiapan mental termasuk keluarga, bagi yang sudah berkeluarga.