Struktur kurikulum PDITMUB terdiri dari 5 bagian:

  1. Mata Kuliah Program Alih Tahun (PAT).
  2. Mata Kuliah Wajib Universitas.
  3. Mata Kuliah Wajib Program Studi.
  4. Mata Kuliah Penunjang Disertasi.
  5. Penyelesaian Disertasi, terdiri dari: Kegiatan Terstruktur Penunjang Disertasi (KTPD), Publikasi, dan Penulisan Disertasi.

Mata kuliah PAT diwajibkan bagi mahasiswa S3 yang bertujuan untuk penyetaraan dalam penguasaan matakuliah dasar dan penunjang sebelum mengikuti program akademik pada semester I. Program ini dilaksanakan selama 2 bulan sebelum memasuki semester 1. Mata kuliah PAT bersifat non sks, tetapi dicantumkan didalam transkrip akademik mahasiswa.

Untuk penyelesaian desertasi mahasiswa waib menempuh Kegiatan Terstruktur Penunjang Disertasi (KTPD) dimana mahasiswa melaporkan perkembangan penelitiannya minimal dua kali dalam satu semester. Kegiatan dilakukan untuk menjaga agar kualitas penelitian mahasiswa dapat memenuhi standar kompetensi yang telah ditentukan oleh PDITM. Selain itu KTPD ditujukan untuk memberi wawasan terkini dan berorientasi kedepan tentang topik penelitiannya. Topik penelitian yang dibahas disesuaikan dengan topik disertasi setiap mahasiswa.

Beban sks bagi kelompok kegiatan akademik dalam Struktur Kurikulum PDITM adalah sebagai berikut:

Program Persiapan
Program Alih Tahun (PAT): non sks
Program Orientasi pendidikan (ORDIK) non sks
Program Akademik Semester bagi Lulusan S2 Sebidang
Mata Kuliah Wajib universitas: 7 sks
Mata Kuliah Wajib Program Studi 9 sks
Mata Kuliah Penunjang Disertasi 6 sks
Disertasi terdiri dari:
Kegiatan Terstruktur Penunjang Disertasi: 12 sks
Publikasi: 10 sks
Penulisan Disertasi: 10 sks
Total beban studi (mhs. bidang Teknik Mesin: 54sks*)

*) Beban studi bagi mahasiswa lulusan S2 tidak sebidang ilmu dan lulusan S1 sebidang ilmu akan ditentukan oleh Ketua Program S3 berkoordinasi dengan Ketua Program S2 dan Ketua Program S1 Teknik Mesin.
Roadmap penyelesaian studi di PDITM bagi mahasiswa lulusan program Magister S2 sebidang ilmu Teknik Mesin ditunjukkan dalam Gambar