Ditulis pada tanggal 21 November 2017, oleh s1mesin, pada kategori berita

Dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 yang diadakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Sirkuit Kenjeran tanggal 7-11 November 2017, Tim Apatte 62 yang menurunkan empat mobil masing-masing Tim Apatte  62 Brawijaya 1 yang berlomba di kelas Urban Diesel, Tim Apatte 62 Brawijaya 2 yang berlomba di kelas Prototype Listrik, Tim Apatte  62 Brawijaya 3 yang berlomba di kelas Urban Listrik, serta Tim Apatte  62 Brawijaya 4 yang berlomba di kelas Prototype Gasoline. Dalam kontes tahun ini Tim Apatte 62 (Teknik Mesin UB) menduduki peringkat 2 (dua) klasemen umum di kontes tahunan tersebut.

Tim Apatte 62 Brawijaya 2 yang berlomba di kategori Prototype Motor Listrik memenangi kontes dengan hasil 491,7 km/kWh. Tim Apatte 62 Brawijaya 2 beranggotakan Muhammad Syifa’udin, Obi Nazari Gusmana, Della Putri Ayu Rohmah, Moh. Wildan Harun A., M. Firdaus Fanani, dan Putu Ngurah Riandika W dengan dosen pembimbing Dr. Eng. Eko Siswanto, ST. MT. ini unggul atas tim IMEI (Umsida) dan Batavia Elektra (UNJ) yang menduduki peringkat 2 dan 3.

Sedangkan untuk kategori Urban Motor Listrik, tim Apatte 62 Brawijaya 3 menduduki posisi ketiga dengan hasil 144.7 km/kWh. Meskipun masih dibawah hasil yang dicapai Tim TITEN EV-3 (Unej) dan Tim Nogogeni ITS Team 1 (ITS), tetapi selisih capaiannya sangat ketat. Tim yang beranggotakan Dhio Bagus Prabowo, Tri Tiadi Winarto, Rohfi Lingga Kurniawan, Dana Damara Putra, Tiara Shinta Raharkandi, Abdi Afifuddin Zuhri, dan dibimbing oleh Bayu Satria Wardhana, ST., M.Eng. ini masih memungkinkan untuk lebih memperbaiki capaiannya di KMHE edisi berikutnya.

Tidak ikut ketinggalan Tim Apatte 62 Brawijaya 1 yang beranggotakan Andhika Nurdiantono, Ryan Fuadh Habaturrahman, Andi Ikramullah, Bagas Tamtomo, Sugeng Hariyanto, Ariaz Panji Kesuma, dan Rachmat Hidayat dibawah bimbingan Dr. Eng. Sofyan Arief Setyabudi, ST., M.Eng. yang meraih penghargaan Laporan Desain Terbaik dan Tim Apatte 62 Brawijaya 4 dengan anggota Harish Indra Tanarko, Aang Junaidi, Viki Pratama, Imam Mawardhi Maksum, Afrie Setyo Nugroho, Alfian Ringga Nugroho, serta Andre Andika dengan dosen pembimbing Dr. Eng. Mega Nur Sasongko, ST., MT. yang ikut berlomba dalam kontes mobil hemat energi tahunan ini. Selamat untuk semua tim, terima kasih atas jerih payahmu dalam mengharumkan nama Jurusan Teknik Mesin FT UB di kancah persaingan nasional. (syamsul)