VISI

“Pada Tahun 2020, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya sebagai  pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknik mesin yang memiliki keunggulan dan manfaat bagi masyarakat lokal, nasional, Asia Tenggara, dan Asia yang didukung oleh sumber daya manusia, prasarana, dan sarana yang memadai serta ditunjang atmosfir akademik yang kondusif”.

MISI 

  1. Penyelenggaraan organisasi dan administrasi pendidikan yang efektif, efisien, akuntabel, dan berkelanjutan.
  2. Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran  yang menjamin keluaran yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan lulusan Teknik Mesin di tingkat lokal, nasional, Asia Tenggara, dan Asia dengan suasana akademik yang sesuai dengan standar nasional dan internasional.
  3. Penyelenggaraan penelitian dalam bidang rekayasa teknik mesin.
  4. Penyelenggaraan pengabdian masyarakat dengan penerapan hasil penelitian dan kajian bidang rekayasa teknik mesin.

TUJUAN

  1. Sesuai dengan Tujuan Program Pendidikan Akademik Sarjana Teknik sebagaimana tercantum dalam, Bab II, Pasal 2, Ayat 2,  Buku Pedoman Pendidikan yaitu :
  • Mampu  mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  • Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

2. Menghasilkan Sarjana Teknik Mesin yang mempuanyai kemampuan dalam bidang teknik mesin dengan kualifikasi sebagai berikut :

  • Memahami dasar-dasar pengetahuan teknik mesin.
  • Mampu menerapkan dan memecahkan persoalan teknik mesin.
  • Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan memberikan nilai tambah teknologi secara perseorangan maupun berkelompok.