Marsela dan Nogososro Juarai KMHE 2023

November 9, 2023

1:22 am

Tim Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB), berhasil mempertahankan tradisi juara pada Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023. Tahun ini melalui Tim apatte Elang Energi yang dulunya merupakan Apatte62 Brawijaya, Teknik Mesin berhasil membawa juara 1 Prototipe Diesel dan Juara 3 Urban Etanol.

Tim Apatte Elang Energi berhasil menyisihkan sebanyak 60 tim dengan total 600 peserta dari 42 perguruan tinggi di Indonesia di babak final yang dilaksanakan secara luring pada tanggal 27 Oktober sampai 3 November 2023 di Area Carnaval Ancol.

Untuk sampai pada tahap final, terdapat serangkaian proses yang dilalui tim, mulai dari seleksi administrasi, laporan desain, dan video virtual technical inspection.

Di babak final Tim Apatte Elang Energi melewati sesi technical Inpection pada tanggal 30 Oktober 2023 pada Sirkuit Formula E, Kawasan Ancol, Jakarta.

Setelah melewati Technical Inpection, Tim Apatte Elang Energi juga melakukan practice sebelum dilakukannya race yang diadakan pada tanggal 31 Oktober hingga 2 November dan siap bersaing dengan tim-tim unggul lainnya.

“Alhamdulillah dengan perjuangan selama enam bulan Tim Apatte berhasil membawa pulang dua penghargaan,” tukas Kunindro Wisnu Nugroho salah satu manager Tim.

Di bawah bimbingan Prof. Dr. Eng. Eko Siswanto, ST., MT. dan Prof. Dr. Eng. Nurkholis Hamidi, ST., M.Eng., Apatte Elang Energi mendapat Juara 1 pada kategori Prototype Diesel melalui mobil Nogososro yang dikendarai oleh Mohammad Zhafir Rachman dengan perolehan hasil tertinggi 652,9 km/L.

Pada urban ethanol, Dhimas Efendi Kurniawan mengendarai mobil Marsela dengan perolehan tertinggi 289,72 km/L dan berhasil menjadi Juara 3.

Melalui kompetisi ini, mahasiswa dapat menonjolkan rancangan-rancangan inovatif mereka untuk kendaraan yang hemat bahan bakar. Semoga capaian yang telah diraih membawa kebaikan untuk kita semua dan bisa kita tingkatkan pada lomba tahun depan,” harap Ketua Departemen Teknik Mesin, Dr. Ir. Purnami, ST MT.

Ketua Departemen juga mengutarakan apresiasi sebesar-besarnya untuk semua pihak yang telah mendukung suksesnya tim ini. Tentunya juga bagi para sponsor utama; Catur Elang Energi, United Tractors, PT Dirgantara Indonesia, Altair, Petrokimia, Sarana Jaya, dan Badak LNG. (mic)

Lihat Info Lainnya

Pelatihan K3 di Lingkungan Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Harry Budi Sidharta M’96 sebagai Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN

PENGUMUMAN: Batas Akhir Pendaftaran Seminar Proposal, Seminar Hasil dan Tugas Akhir S1

Kuliah Tamu Andy Sudjana M’97 (Senior Lecturer National University Singapore)

Lowongan Primaya Evasari

Lowongan Kalbe Nutritional